Google AdWords adalah suatu program beriklan dari google dimana anda bisa mendaftarkan website anda untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian google saat sebuah pencarian yang diproses memiliki kata kunci yang sesuai dengan kata kunci adwords anda.
Kata kunci adwords (adwords keyword) harus anda tetapkan pada saat anda mendaftarkan website anda di adwords. Keyword ini berperan penting dalam hal merepresentasikan website anda agar iklan website anda muncul saat sebuah proses pencarian oleh pengguna google dilakukan.
Sebagai contoh, anda menetapkan iklan adword anda dengan keyword sebagai berikut:
Maka setiap kali ada sebuah pencarian di google dengan kata yang bersangkutan diatas, dan sesuai dengan jumlah pembayaran iklan anda di google adwords, maka ada kemungkinan iklan anda muncul pada daftar pencarian google tersebut. Perlu diingat, adwords itu bekerja seperti lelang, semakin tinggi yang anda bayar untuk iklan anda, semakin tinggi prioritas iklan anda muncul di halaman google ( Money talks)
Bagaimana cara membuat iklan AdWords?
- Buka halaman AdWords (https://adwords.google.com/select/).
- Klik "Start Now".
- Pilih "Standard Edition".
- Klik "Continue".
- Kemudian akan ada pilihan account.
- Jika anda sudah memiliki account google anda dapat menggunakan account google anda dengan memilih "Existing Google Accounts"
- Jika anda belum punya account google pilih "New Google Account".
Selanjutnya anda ikuti step-step berikut:
1. Pilih bahasa apa yang digunakan oleh iklan anda.
Beri pilihan dengan cermat. Jika anda memang menargetkan untuk merangkul
pelanggan internasional sebaiknya pilih bahasa inggris, tapi jika target
pelanggan anda sebatas di Indonesia, sebaiknya pilih bahasa indonesia.
2. Masukkan URL dan buat tampilan iklan anda.
URL yang anda masukkan akan digunakan oleh iklan anda, sehingga setiap kali
seseorang mengklik iklan anda, maka orang tersebut akan dibawa ke URL tersebut.
Anda bisa mengisinya dengan alamat website anda, contoh www.abetobing.com
Kemudian anda harus membuat tampilan iklan anda. Baris pertama adalah judul
dengan batas maksimal 25 karakter (termasuk spasi). Dua baris selanjutnya
adalah deskripsi iklan anda, dengan maksimal 35 karakter (termasuk spasi) per
baris.
3. Buat keyword iklan anda.
Sesuai dengan yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, keyword ini sangat
berperan penting dengan jumlah kemunculan iklan anda di hasil pencarian google.
Pastikan keyword iklan anda relevan dengan apa yang anda iklankan.
Jika anda mengiklankan sebuah toko kamera dan alat fotografi, maka masukkan
keyword yang berhubungan dengan fotografi, seperti: toko kamera, fotografi,
alat foto.
4. Pilih mata uang yang akan anda gunakan untuk
pembayaran iklan.
Silahkan pilih mata uang yang akan anda gunakan saat pembayaran iklan.
5. Selanjutnya anda menentukan budget anda untuk
iklan anda perbulannya.
Disini anda tentukan penawaran iklan anda, berapa besar yang sanggup anda bayar
per bulan untuk iklan anda. Nominal tersebut adalah batas maksimum budget anda
untuk iklan anda. Anda tidak akan discharge lebih dari harga yang anda
tetapkan, bahkan mungkin kurang dari itu.
6. Apakah ingin menerima informasi update dari
Google AdWords via email
Jika anda ceklist kedua pilihan diatas, maka google akan mengirim
informas-informasi yang berkaitan dengan program google adwords ke email anda.
Klik "next" atau "continue" untuk membuka halaman setting
iklan.
7. Halaman "My Ad Campaign"
Pada halaman ini akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa iklan anda belum
diaktifkan oleh google karena anda belum melakukan pembayaran pertama.
Untuk melakukan pembayaran dengan klik "Make Payment now".
8. Masukkan jumlah pembayaran sesuai budget yang
anda tetapkan sebelumnya.
Biarkan jumlah yang tertera apa adanya, kemudian klik tombol “Make Payment”.
9. Muncul kode transfer pada bagian atas halaman.
Di sini tertera sebuah nomor yang berwarna merah yang merupakan nomor
referensi untuk transfer anda. Sebaiknya anda catat nomor referensi ini, karena
akan anda akan menggunakannya pada saat melakukan pembayaran atau transfer di
bank.
Selanjutnya klik “Transfer Information Page”, akan muncul window/tab baru. Di
halaman ini dijelaskan berapa banyak dan kemana anda harus mentransfer
pembayaran iklan anda, biasanya terletak di tengah-tengah halaman. Tampilannya
kurang lebih seperti berikut:
Pembayaran dapat dilakukan dengan mendatangi langsung bank yang tertera di
halaman informasi tersebut (pada contoh diatas: Bank HSBC Indonesia) atau
cabang terdekatnya, atau transfer melalui rekening bank anda.
Catatan: Jangan melakukan transfer via ATM,
google tidak akan menerima pembayaran via transfer ATM, anda hanya akan
menderita kerugian sebanyak yang anda transfer dan kemungkinan besar google
tidak akan mengirim kembali jumlah tersebut.
Pada saat melakukan deposit atau transfer, anda harus menyertakan
nomor referensi pada formulir setoran/transfer di bank. Jika tidak ada
kolom atau baris untuk menyertakan nomor referensi tersebut, tuliskan tepat di
depan nama anda. Jika kolom atau baris pengisian tidak cukup untuk nomor
tersebut, gunakan jumlah yang secukupnya dari digit paling belakang. Misal
nomor referensi anda adalah 298600947819 (12 digit) namun pada formulir
setoran /transfer hanya mencukupi 7 digit saja, maka sertakan 7 digit
paling belakang, yaitu 0947819
Di halaman ini dijelaskan pula bahwa nomor referensi tersebut hanya dapat
digunakan sekali saja , dan google mengharuskan anda untuk menyertakan nomor
referensi tersebut pada saat mentransfer melalui bank.
Jika
pembayaran yang anda lakukan sesuai dengan informasi yang tertera pada halaman
“Transfer Information Page” maka tidak lama lagi iklan anda sudah mulai bekerja
di google.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar